Blog

Tips Menambah Penghasilan Sampingan

Mengelola keuangan perlu dipikirkan secara cermat dan cerdas terutama bagi Anda yang ingin menambah pundi-pundi tabungan. Seringkali kita dihadapkan pada masalah finansial sampai pada akhir bulan seluruh keuangan kita habis dan bahkan tidak sedikit orang yang merasa sangat berat untuk bisa sampai pada ujung bulan berikutnya. Ada banyak faktor yang membuat penghasilan orang tidak cukup antara lain terjerat hutang, biaya pendidikan, biaya pengobatan, atau pengeluaran tak terduga lainnya.

Pertanyaan yang bisa timbul adalah mungkinkah tipe orang seperti di atas bisa menyisihkan uang untuk menambah pundi-pundi tabungannya? Jawabannya tentu saja sulit. Akan tetapi jalan keluar yang paling mungkin adalah dengan mencari penghasilan sampingan. Ya, mengapa tidak? Apapun profesi Anda saat ini mengembangkan jiwa entrepreneur adalah hal yang sangat direkomendasikan. Nah, berikut ini ada beberapa tips bagi Anda yang ingin menambah penghasilan sampingan untuk mengatasi problematika keuangan rumah tangga Anda.

1. Mulailah Berhemat

Dengan penghasilan yang pas-pasan akibat barang-barang kebutuhan harganya naik maka tidak ada cara lain bagi Anda untuk bisa survive selain berhemat. Kencangkan ikat pinggang Anda, pangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu atau berlebihan dan jika sanggup menahannya, pangkas pula pengeluaran-pengeluaran sedikit untuk kebutuhan pokok asalkan Anda dan keluarga masih bisa survive.

Jika Anda seorang perokok, hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga tak peduli seberapa kecanduannya Anda. Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi minuman keras akan berdampak baik bukan saja bagi kesehatan tetapi juga keuangan Anda. Jika Anda suka ngemil maka ini waktunya berdiet dengan motivasi merampingkan bentuk tubuh dan juga menambah pundi-pundi keuangan Anda.

Menaati kegiatan ritual tertentu dalam agama yang Anda anut bisa sangat menghemat keuangan. Contohnya, seorang muslim bisa melakukan penghematan dengan melakukan puasa Senin-Kamis dan dari sini gaya hidup sederhana bisa dilatih. Membiasakan hidup dalam disiplin keras dan kondisi hidup yang sulit menjadikan seseorang entrepreneur yang sarat pengalaman dan tangguh. Jika Anda membaca biografi para tokoh sukses baik di dalam negeri maupun di dunia, Anda akan mendapatkan banyak contoh yang menunjukkan bahwa mereka sanggup menahan kesulitan hidup dalam kondisi yang sangat ekstrim.

Bisa disimpulkan bahwa membiasakan hidup hemat akan mempersiapkan seseorang melewati rintangan dan tantangan berikutnya untuk mencapai kesuksesan. Berkaca dari pengalaman orang lain yang sukses kita bisa belajar bagaimana menjalani hidup dengan disiplin dan keras merupakan syarat perlu agar sukses itu diraih. Mulailah berhemat dari sekarang.

2. Fokus Menghimpun Modal

Masih berkaitan dengan tips yang pertama, langkah selanjutnya yang perlu Anda pikirkan adalah berfokus menghimpun modal. Uang yang Anda kumpulkan kelak harus menjadi uang yang “produktif”. Artinya, uang tersebut akan membantu Anda melakukan kegiatan-kegiatan bisnis yang pada akhirnya akan membuat Anda untung. Ada banyak cara yang dilakukan oleh orang untuk mengumpulkan modal dan melakukan penghematan adalah salah satunya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan perabotan atau benda-benda di sekitar kita yang tidak terpakai namun berpotensi menghasilkan uang alias bisa dijual. Kumpulkan barang-barang tersebut dan rupakan dalam bentuk uang. Dengan demikian tabungan atau simpanan modal Anda akan bertambah. Ada sebagian barang yang mungkin sayang untuk dijual karena memiliki kenangan atau kesan tersendiri. Namun demikian menjualnya akan lebih bermanfaat. Ruang di rumah akan terasa lebih lega dan Anda bisa mendapatkan uang sebagai sumber inspirasi memulai usaha.

Cara terakhir yaitu mengelola modal dengan cara yang tidak berisiko atau risikonya sangat rendah. Dengan cara ini Anda akan menghasilkan laba yang mungkin tidak terlalu besar tetapi Anda juga tidak berisiko kehilangan modal yang sudah ada. Sembari demikian Anda akan terus mengumpulkan modal dan mencapai tujuan Anda selanjutnya. Modal memang sangat penting untuk sebuah usaha. Selain dengan cara menabung usaha juga kerap didapatkan lewat skema pinjaman. Ada banyak penawaran terbaik di Indonesia cobalah cari solusi yang paling cocok buat Anda.

3. Memperbanyak Relasi

Ini yang sering diabaikan oleh orang sekalipun banyak dianjurkan. Memang menganjurkan bergaul itu mudah tetapi mempraktikkannya sangatlah sulit apalagi di awal-awal. Sebenarnya, jika Anda sudah mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain pengalaman ini akan mendorong Anda untuk berhubungan dengan lebih banyak orang. Konsekuensinya, semakin banyak relasi, semakin banyak informasi penting yang bisa Anda kumpulkan.

Tips untuk mendatangkan banyak relasi adalah Anda mendatangi mereka dengan sesuatu yang berharga alias bernilai. Tidak perlu berupa uang. Orang-orang kerap kali tertarik berhubungan dengan mereka yang punya skill atau setidaknya mereka percaya orang tersebut tulus dan beriktikad baik. Lalu apa hubungannya relasi dengan mengumpulkan modal?
Mereka akan menjadi mata rantai bisnis yang sangat penting dalam kehidupan kita. Hubungan yang baik akan sangat menolong di saat-saat sulit dan menjalin kepercayaan ini bisa memecah kebuntuan dan membuka hubungan baru yang lebih sehat dan menyenangkan. Merekalah modal baik sesungguhnya yang kita butuhkan.

4. Berinvestasi pada Mesin atau Sistem

Usaha sampingan kerap kali dikaitkan dengan proses pengerjaan produksi secara manual dan sifatnya home industry. Memang benar, banyak yang berhasil dengan cara ini. Namun mereka yang mengejar pertumbuhan dan tidak mau sekadar tinggal di level yang itu-itu saja selalu berpikir lebih maju: berinvestasi pada mesin atau sistem. Mesin dan sistem ini mampu mengolah satu proses produksi secara lebih cepat dan hasilnya lebih berlipat.

Setelah Anda kewalahan menerima permintaan pasar maka satu hal yang perlu Anda pikirkan adalah sebuah mesin. Jika Anda gagal menyediakannya maka usaha Anda bisa terancam tutup lantaran ditinggal oleh pelanggan. Maka pikirkan sejak dini sistem produksi Anda seiring dengan pertumbuhan jaringan Anda. Semakin cepat Anda memilikinya semakin cepat usaha Anda akan berkembang dan keuntungan yang Anda dapatkan pun akan semakin berlipat.

Dengan sebuah mesin atau sistem, penghasilan sampingan Anda akan menjelma menjadi penghasilan pokok atau primer yang bisa menggantikan penghasilan tetap Anda lainnya. Orang-orang yang suskes bahkan berani mengambil risiko dengan meminjam uang untuk mendatangkan sistem atau mesin dalam sistem produksi mereka.

5. Tingkatkan Skil Anda

Langkah untuk mencapai sukses akan sulit diwujudkan tanpa motivasi yang besar untuk meningkatkan kualitas atau skill yang sudah Anda miliki apalagi jika Anda bergerak di bidang jasa. Seorang tukang pangkas rambut tidak bisa selamanya mengandalkan kemampuan standar seorang pangkas rambut. Dia perlu belajar menjadi seorang hairstylish agar survive dan meningkat. Intinya, apapun profesi yang Anda jalani saat ini ambillah langkah dari amatir menjadi mahir.

Mungkin Anda juga memiliki keahlian atau bakat terpendam lainnya namun hanya dilakukan sekadar hobi. Cobalah mengembangkannya dan menawarkannya kepada relasi dan orang-orang karena Anda tidak akan tahu betapa bernilainya kemampuan Anda bagi mereka.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan sampingan. Semoga apa yang disampaikan ini bisa memberi wawasan positif bagi Anda semua. Tetap semangat belajar dan berusaha serta tingkatkan kemampuan diri Anda.

Close
Close