1. Kenapa pinjaman uang sangat diminati

Dalam kehidupan saat ini, uang telah menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Meskipun tidak semua dapat dibeli dengan uang, namun ada banyak hal yang bisa dicapai saat memiliki uang dalam jumlah yang mencukupi. Seperti misalnya saat kita berada di rumah sakit menunggu salah satu anggota keluarga yang sedang rawat inap. Dalam keadaan seperti ini tentunya kita membutuhkan uang yang cukup banyak. Menjadi masalah ketika dana yang kita miliki tidak mencukupi untuk kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menutupi kebutuhan dana tersebut adalah dengan melakukan pinjaman uang. Pinjaman dana tunai lebih banyak dipilih orang untuk menutupi kebutuhan darurat keuangannya dibandingkan dengan menjual aset berharga miliknya. Hal ini dikarenakan pinjaman uang cepat tersedia jika dibandingkan dengan penjualan aset. Selain itu, dengan pinjaman uang, kita tidak perlu kehilangan aset berharga tersebut karena harus dijual.

pinjaman uangSecara resmi, ada beberapa lembaga yang memang bergerak dalam usaha peminjaman uang, yaitu bank, koperasi, dan pegadaian. Tiap jenis lembaga ini memiliki spesifikasi masing-masing. Untuk pegadaian misalnya, kita dapat memperoleh pinjaman uang guna kebutuhan apapun dengan jalan menyerahkan agunan ke pegadaian. Sedangkan koperasi pada dasarnya mengedepankan prinsip ekonomi kerakyataan dan asas kekeluargaan, jadi hanya anggota koperasi yang dapat memperoleh pinjaman. Untuk bank, semua orang dapat memperoleh pinjaman dengan berbagai jenis produk kredit yang ditawarkan. Ada kredit yang membutuhkan agunan, ada juga kredit yang tanpa agunan. Tergantung kebijakan dari masing-masing bank. Dari ketiga lembaga ini, bank memiliki jenis produk pinjaman paling banyak.

Selain itu, saat ini juga marak sistem pinjaman online, yang mana kita dapat pinjam uang online tanpa harus meninggalkan tempat kita berada saat itu. Sistem pinjam uang online langsung cair ini ada yang diusung oleh bank, koperasi ataupun pegadaian, ada juga oleh lembaga pembiayaan baru yang memang bergerak di dunia maya saja. Bagi sebagian orang, adanya sistem pinjaman online dirasa lebih memudahkan dirinya dalam mendapatkan pinjaman dana segar. Karena mereka tidak perlu repot-repot atau bersusah payah mencari kantor bank, koperasi ataupun pegadaian untuk mengajukan permohonan pinjaman. Selain itu, mereka juga dapat mengajukan permohonan setiap saat, kapanpun dan di manapun. Tinggal duduk manis di depan komputer yang tersambung ke internet, lalu mencari situs web yang menawarkan pinjaman dana segar secara online dan mengajukan permohonan.

Secara umum, pinjaman uang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pinjaman menggunakan jaminan atau agunan dan pinjaman tanpa agunan apapun. Jadi peminjam dapat memilih jenis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Namun, sekali lagi, pinjaman dana segar menjadi pilihan menarik bagi banyak orang karena dianggap bisa memberikan uang kontan secara relatif cepat.

2. Manfaat dari pinjaman uang

Seperti yang telah ditulis di atas, bahwa banyak orang mencari pinjaman uang untuk menutupi kebutuhan finansialnya yang masih kurang. Pinjaman dana tunai ini dipakai untuk beragam kebutuhan yang biasanya bersifat darurat dan mendesak. Meskipun terkadang adakalanya pinjaman uang cepat yang diperoleh digunakan untuk cadangan saja atau untuk kegiatan yang tidak begitu darurat, seperti uang cadangan saat bepergian atau bertamasya. Banyak orang yang melakukan pinjaman, baik yang konvensional maupun pinjaman online, menganggap hal ini lebih bermanfaat daripada menjual aset berharga. Hal ini dikarenakan apabila menjual aset berharga maka kita tidak akan memilikinya lagi. Sedangkan kalau meminjam uang, meskipun dengan jaminan aset berharga, kita masih memilikinya. Kecuali jika terjadi kredit macet, maka aset berharga yang dijaminkan tersebut akan disita oleh si pemberi pinjaman sebagai ganti dana yang telah dipinjam.

Namun ada juga pinjaman yang tidak membutuhkan agunan atau jaminan, sehingga kita tidak akan mengalami penyitaan aset berharga saat terjadi kredit macet. Dan sekarang ini, jenis pinjaman tanpa jaminan semakin banyak yang meliriknya. Pihak pemberi pinjaman pun, terutama bank, telah menghadirkan produk kredit tanpa agunan ini guna menjawab permintaan nasabah. Hal ini juga diterapkan oleh situs-situs peminjaman online. Jadi ketika Anda pinjam uang online, di sana akan ditawarkan produk pinjaman yang tidak menggunakan jaminan atau agunan. Anda bisa pinjam uang online langsung cair ke sejumlah lembaga pembiayaan online tersebut. Pilihan tempat untuk mendapatkan pinjaman pun akhirnya menjadi cukup banyak dan variatif. Masing-masing menawarkan keunggulan dari tiap produknya pada para calon nasabah.

Manfaat lain dari meminjam uang selain untuk kebutuhan darurat, juga dapat digunakan untuk tambahan modal atau untuk mengembangkan bisnis Anda. Dan terdapat jenis pinjaman khusus untuk pengembangan usaha, yaitu pinjaman modal usaha. Dengan mendapatkan pinjaman modal usaha, Anda dapat memulai bisnis baru atau meningkatkan jangkauan dan daya saing bisnis Anda. Dana yang diperoleh dari jenis pinjaman ini biasanya cukup besar, tergantung jenis usaha Anda dan prospek ke depannya. Jika usaha Anda dinilai oleh si pemberi pinjaman sangat bagus prospeknya, maka dana segar dalam jumlah yang cukup banyak pun akan dikucurkan. Namun, jika prospek bisnis Anda sedang-sedang saja, maka dana yang akan Anda terima juga tidak akan terlalu besar.

Sedangkan pinjaman untuk kebutuhan selain bisnis alias kebutuhan pribadi, biasanya disebut dengan personal loans atau pinjaman pribadi. Dan dana yang diperoleh dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan Anda. Tidak seperti pinjaman modal usaha yang memang harus digunakan untuk kegiatan bisnis atau usaha Anda. Pinjaman pribadi ini tidak mengharuskan seperti itu. Terserah dana yang Anda terima hendak dipakai untuk apa, yang jelas angsuran bulanan harus tetap dibayar sesuai kesepakatan, jika tidak maka akan ada denda yang diberlakukan.

3. Kelebihan pinjaman uang dibanding dengan pinjaman tipe lain

Terdapat beberapa kelebihan pinjaman uang yang menarik bagi banyak nasabah. Saat Anda pinjam uang online, Anda tidak perlu berkeringat dan pindah tempat. Akses saja internet menggunakan komputer atau laptop, cari situs web yang menawarkan pinjaman online dan tak lama berselang Anda pun sudah mendapatkan pinjaman dana tunai. Kelebihan lain adalah proses pinjaman uang cepat selesai. Setelah pinjam uang online langsung cair Anda bisa menggunakannya untuk beragam kebutuhan. Carilah situs pemberi pinjaman yang benar-benar kredibel. Ada banyak bank konvensional yang juga telah membuka situs web supaya dapat selalu terhubung dengan para nasabahnya, serta bisa mendapatkan nasabah baru. Selain bank konvensional yang memiliki situs web, ada juga bank-bank online yang memang khusus hanya menawarkan produk pinjaman secara online saja.

Kelebihan lainnya adalah proses yang cepat dan tidak ribet. Anda hanya perlu mengisi sejumlah formulir yang telah dipersiapkan secara online bagi para calon nasabah. Uang yang Anda terima pun dapat dipakai untuk kebutuhan pribadi Anda. Seperti untuk membiayai pernikahan, membayar uang kuliah, perbaikan kerusakan rumah, biaya servis mobil, ongkos perjalanan, tambahan dana syukuran khitan, dan lain sebagainya. Untuk angsurannya, Anda bisa merencanakan pembayaran angsuran yang diambil dari pendapatan bulanan Anda atau dari sumber yang lain. Jangan sampai Anda lupa membayar angsuran atau cicilan dari dana yang telah Anda pinjam. Karena kelalaian ini dapat berakibat kurang baik bagi catatan atau riwayat kredit Anda. Satu hal yang harus dihindari yaitu kredit macet.

Selain beberapa keunggulan, jenis pinjaman ini juga memiliki kekurangan. Antara lain terbatasnya plafon yang diberikan. Jumlah nominal yang dapat Anda terima akan berbeda pada tiap lembaga. Pilihlah yang memberikan pinjaman paling banyak dan aman. Selain plafon pinjaman, bunga yang dikenakan juga cukup tinggi, mengingat risiko pinjaman dana secara online cukup tinggi pula. Tidak ketinggalan, jangka waktu atau tenor yang diberikan pun cukup singkat. Maksimal sekitar 5 hingga 6 tahun saja, ini tergantung dari besarnya dana yang dipinjam. Juga ada biaya administrasi, biaya denda, dan biaya pelunasan dini. Yang kesemuanya ini dibuat untuk meminimalisir risiko yang dihadapi bank pemberi pinjaman dana online.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mencari pinjaman uang secara tunai, terlebih lagi melalui media internet, pastikan dulu kondisi keuangan bulanan Anda, riwayat kredit Anda, kredibilitas bank pemberi pinjaman. Serta rencanakan dengan matang manajemen dana yang akan Anda pinjam. Mulai dari berapa jumlahnya, jenis pinjamannya, berapa cicilannya, suku bunganya, jangka waktunya, biaya dan denda yang terkait dengan pinjaman tersebut. Sehingga di kemudian hari Anda tidak akan kesulitan dalam melaksanakan kewajiban angsuran Anda.

4. Berapa banyak yang bisa didapat dari pinjaman uang

pinjam uang onlineJika ditanya secara spesifik nominal yang bisa diperoleh dari pinjaman uang, maka jawabnya relatif, tergantung kebijakan dari tiap lembaga keuangan. Saat Anda pinjam uang online, kisaran dana yang bisa didapatkan bisa mencapai hingga Rp. 300 jutaan. Namun sekali lagi, hal ini tergantung pada kebijakan tiap lembaga. Pinjaman dana tunai adalah jenis pinjaman dengan risiko tinggi, sehingga pihak bank akan memperhitungkan tingkat kerugian yang mungkin akan dialami. Kemudian untuk menutupi risiko tinggi ini maka bank akan memberlakukan bunga pinjaman yang relatif tinggi. Baik pinjaman online maupun pinjaman konvensional, apabila diperhitungkan bahwa pinjaman tersebut berisiko tinggi, maka suku bunga tinggi pun akan diberlakukan. Karena apapun lembaga keuangan tersebut, tujuan utamanya adalah mendapatkan profit, sehingga kerugian sekecil apapun tetap akan diperhitungkan.

Kredit pinjaman uang cepat yang ada saat ini menawarkan beragam keunggulan yang bisa dinikmati oleh peminjam (nasabah). Sehingga nasabah pun memiliki lebih banyak pilihan saat ingin mencari pinjaman dana segar untuk kebutuhannya. Bisnis kredit peminjaman tidak akan berarti tanpa adanya nasabah (peminjam) betapapun menariknya produk yang ditawarkan. Berbagai lembaga pembiayaan, termasuk bank online, pun berlomba-lomba mendapatkan sebanyak mungkin nasabah. Dan salah satu cara paling jitu untuk mendapatkan nasabah adalah dengan memberikan pinjaman dana yang relatif besar dengan kemudahan proses, cepatnya pencairan serta suku bunga yang kompetitif. Saat ini tidaklah sulit untuk pinjam uang online langsung cair asalkan segala persyaratan administrasi telah terpenuhi.

Sebelum memutuskan bank mana yang Anda pilih, seleksi dulu semua tawaran yang disajikan oleh sejumlah bank pada jenis pinjaman yang sama. Bandingkan setiap kelebihan dan kekurangannya. Produk kredit mana yang paling menguntungkan bagi Anda. Jangan sampai salah pilih. Selain itu tetaplah waspada dan berhati-hati, karena ada juga situs-situs penipuan yang berkedok memberikan pinjaman dana secara cepat, mudah, dan simpel. Situs-situs ini biasanya memberikan tawaran kredit yang sangat menggiurkan dan sangat jauh berbeda dari situs yang lain untuk produk yang sama. Pastikan situs bank online yang Anda ajukan pinjaman adalah situs yang terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus.

Apabila Anda sudah yakin dan memiliki info yang cukup tentang kredibilitas dari situs tersebut, Anda bisa melanjutkan proses pengajuan permohonan pinjaman Anda hingga dana dicairkan. Persiapkan semua berkas terkait persyaratan umum yang berlaku untuk segala jenis pinjaman. Seperti fotokopi KTP, slip gaji, fotokopi kartu keluarga, dan lain sebagainya. Jika semua berkas telah siap sedia maka proses pengajuan pun akan berlangsung cepat, dan dana pun akan cepat diterima pula.

5. Seputar suku bunga dari pinjaman uang

Berapa sebenarnya suku bunga yang diberlakukan pada pinjaman uang? Pada lembaga perbankan di Indonesia, tingkat suku bunga pinjaman telah diatur oleh pemerintah, sehingga pemilik modal (pemberi pinjaman) tidak dapat menarik suku bunga yang jauh lebih tinggi melampaui batasan maksimal yang telah ditentukan pemerintah. Layanan kredit pinjam uang online memang sangat menarik, terlebih lagi kredit pinjaman online prosesnya cepat dan tidak membutuhkan jaminan. Jenis pinjaman yang banyak dicari oleh orang banyak.

Bunga yang berlakukan pada pinjaman uang cepat biasanya bersifat flat dan mencapai sekitar 3% per tahunnya. Sehingga cicilannya pun tidaklah terlalu memberatkan nasabah. Waktu Anda pinjam uang online langsung cair, Anda bisa mempertimbangkan dari segi ini. Jika bank online A menawarkan pinjaman dengan bunga 3% per tahun dan bank online B berani menawarkan bunga sebesar 2.5% per tahun, maka Anda bisa memilih produk yang ditawarkan oleh bank B.

Namun tidak hanya suku bunga saja harus Anda perhatikan. Tenor atau jangka waktu pelunasan juga harus Anda bandingkan. Semakin lama tenor yang diberikan, maka semakin kecil angsuran bulan yang akan Anda bayar. Misalnya, bank A memberikan tenor 2 tahun, sedangkan B memberikan tenor 3 tahun, maka cicilan bulanan untuk pinjaman dari bank bank B lebih kecil dibandingkan dengan cicilan bulanan pinjaman dari bank A. Anda dapat memilih tenor mana yang paling tepat dengan kemampuan finansial bulanan Anda.

Ada lagi soal biaya administrasi yang lazim dikenakan pada suatu pinjaman kredit. Biaya administrasi ini adalah biaya wajib yang harus Anda bayar pada saat Anda menerima dana alias ketika dana yang Anda akan pinjam telah cair. Seringkali biaya ini diambil atau dipotong langsung dari dana pinjaman. Nilainya tidaklah terlalu besar, tidak sampai 5% dan hanya dikenakan sekali saja, pada saat awal dana pinjaman cair. Ada juga biaya denda apabila Anda terlambat membayar angsuran bulanan. Besaran denda ini tidak terlalu berbeda antara satu bank dengan bank yang lain. Denda dihitung per hari dari angsuran yang terlambat, dan biasanya berkisar hanya 0.25%. Selain biaya denda keterlambatan angsuran, juga ada denda pelunasan awal atau dini. Denda ini akan dikenakan apabila Anda hendak melunasi pinjaman lebih awal daripada yang disepakati. Besarannya dapat mencapai hingga 6% dari sisa dana pinjaman yang masih tersisa. Oleh karena itu, pertimbangkan semua aspek secara menyeluruh dan jangan gegabah. Semoga bermanfaat.