Sekilas tentang pinjaman tanpa kartu kredit

Jenis kredit atau pinjaman yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan cukup banyak dan menarik. Salah satunya adalah pinjaman tanpa kartu kredit. Sesuai nama yang disandangnya, kredit jenis ini adalah pinjaman yang tidak mensyaratkan adanya kartu kredit harus dimiliki oleh si peminjam. Karena meskipun saat ini sudah banyak masyarakat yang mengenal tentang kartu kredit, namun tidak banyak yang memiliki dan menggunakannya. Oleh karena ini, jenis pinjaman uang tanpa kartu kredit ini menjadi salah satu alternatif pilihan dalam menjadi pinjaman tunai tanpa kartu kredit.

Jenis pinjaman ini banyak ditawarkan oleh berbagai lembaga perbankan nasional, yang memang ditujukan pada para calon nasabah yang tidak memiliki kartu kredit namun ingin mendapatkan pinjaman uang. Selain hadir secara konvensional, ada juga jenis kredit online tanpa kartu kredit yang menyasar para calon nasabah yang sering berinteraksi dengan internet atau mereka yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan pinjaman uang secara konvensional. Para calon nasabah itu tinggal menghadap komputer yang tersambung ke internet lalu mencari situs yang menawarkan pinjaman online dan memiliki jenis pinjaman tanpa kartu kredit ini serta mengisi semua formulir online yang dibutuhkan. Jenis pinjaman online ini dihadirkan memang demi kemudahan para calon nasabah tersebut dalam mencari pinjaman.

Jadi, jika Anda tidak memiliki kartu kredit apapun, tak perlu khawatir tidak akan bisa mendapatkan pinjaman untuk mencukupi kebutuhan finansial darurat Anda. cari saja lembaga finansial, yang menawarkan jasa peminjaman uang tanpa kartu kredit untuk para calon nasabahnya.

Perbedaan pinjaman tanpa kartu kredit dengan pinjaman lainnya

pinjaman tanpa kartu kreditAda banyak jenis pinjaman yang ditawarkan dan dapat Anda pilih, termasuk pinjaman tanpa kartu kredit. Satu yang paling membedakan antara pinjaman ini dengan jenis pinjaman lainnya adalah tidak dibutuhkannya kartu kredit sebagai salah satu persyaratan untuk bisa mendapatkan pinjaman. Pinjaman uang tanpa kartu kredit dihadirkan terutama bagi para calon nasabah yang memang tidak memiliki kartu kredit agar dapat juga mengajukan pinjaman ke lembaga finansial. Banyak bank telah menawarkan jenis pinjaman tunai tanpa kartu kredit ini kepada masyarakat yang memang butuh dana namun tidak memiliki kartu kredit. Perbedaan lainnya adalah pencairan dana pinjaman ini relatif cepat, yang tentu saja apabila semua syarat dan ketentuannya telah terpenuhi.

Dana yang Anda peroleh dari pengajuan pinjaman tanpa kartu kredit bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti untuk biaya renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan, biaya pengobatan dan kesehatan, dan beragam kebutuhan keuangan lainnya. Selain Anda dapat mengajukan pinjaman ini secara konvensional, Anda juga bisa mengajukan kredit online tanpa kartu kredit ke berbagai lembaga finansial yang telah menyediakan jasa peminjaman online. Jenis pinjaman ini bisa Anda jadikan alternatif pilihan saat Anda membutuhkan pinjaman dana dalam jumlah yang relatif besar namun tidak memiliki kartu kredit.

Secara umum, persyaratan pengajuan untuk jenis pinjaman ini relatif sama dengan ketika Anda hendak mengajukan pinjaman KTA biasa. Sedikit yang agak berbeda adalah tingginya suku bunga yang dikenakan. Biasa jenis pinjaman ini akan mengenakan bunga yang relatif lebih tinggi daripada jenis pinjaman KTA biasa. Dan biasanya terdapat ketentuan pendapatan bulanan minimal yang harus dimiliki untuk bisa diterima pengajuan pinjamannya, misalnya pendapatan bulanan Anda sebesar Rp. 5.000.000,-.

Kelebihan dan kekurangannya

Sama halnya dengan jenis pinjaman lainnya, pinjaman tanpa kartu kredit ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

Beberapa kelebihan dari pinjaman uang tanpa kartu kredit ini antara lain:

  • Plafon pinjaman relatif cukup besar.
  • Tidak membutuhkan kepemilikan kartu kredit untuk dapat mengajukan pinjaman
  • Pencairan relatif cepat
  • Persyaratan pengajuan kredit cukup mudah dan simpel
  • Suku bunga yang diterapkan cukup kompetitif
  • Pilihan tenornya terdiri dari jangka pendek ataupun jangka panjang

Sedangkan kekurangan dari jenis pinjaman ini antara lain:

  • Syarat pendapatan minimal bulanan relatif tinggi
  • Terdapat batasan usia; usia pemohon saat mengajukan pinjaman harus di atas 21 tahun dan usia pemohon pada saat jatuh tempo pelunasan harus di bawah 55 tahun (ada juga yang 60 tahun)
  • Bunga yang diberlakukan lebih tinggi daripada pinjaman kta biasa

Pada jenis pinjaman yang mensyaratkan adanya kartu kredit, pihak pemberi pinjaman biasanya akan memeriksa data riwayat penggunaan kartu kredit Anda tersebut, seperti limit kartu kredit, frekuensi pembayaran, jumlah transaksi Anda, dan lain sebagainya. Sedangkan pada pinjaman tanpa kartu kredit, hal ini tidak dibutuhkan. Baik yang versi konvensional maupun yang kredit online tanpa kartu kredit, sama-sama tidak membutuhkan hal ini.

Namun, meskipun begitu ada beberapa hal yang harus tetap Anda siapkan dan penuhi sebagai persyaratan pinjaman tunai tanpa kartu kredit ini. Seperti berkas keterangan pribadi, status profesi atau pekerjaan, jumlah rasio utang yang mungkin Anda miliki saat mengajukan pinjaman, serta nomor telepon yang dapat dihubungi setiap saat.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mencari pinjaman tanpa kartu kredit

Pinjaman tanpa kartu kredit memang dapat menjadi alternatif pilihan saat Anda membutuhkan dana segar. Namun sebelum Anda mencari pinjaman uang tanpa kartu kredit, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan. Selain kelengkapan berkas keterangan pribadi, seperti KTP, Kartu Keluarga, status pekerjaan, riwayat kredit macet dan lainnya sebagainya. Hal-hal yang menyangkut pinjaman tunai tanpa kartu kredit itu sendiri juga harus Anda perhatikan. Seperti biaya provisi, biaya di muka, biaya bunga, biaya penalti, biaya materai dan biaya asuransi. Hal ini juga berlaku pada pinjaman kredit online tanpa kartu kredit.

Biaya provisi sama dengan biaya administrasi saat pengajuan pinjaman tanpa kartu kredit Anda disetujui. Dengan bahasa lain, biaya provisi adalah biaya balas jasa yang Anda berikan ke bank karena pengajuan pinjaman Anda disetujui. Biaya ini biasanya diambil langsung dari dana pinjaman Anda saat dicairkan oleh pihak bank. Namun ada juga bank yang tidak menarik biaya provisi tetapi memberlakukan biaya administrasi yang relatif tinggi pada jenis pinjaman ini. Besaran biaya ini tergantung pada kebijakan tiap bank yang memberi pinjaman, umumnya sekitar 1 hingga 3,5% dari jumlah dana yang diberikan.

Sedangkan biaya di muka adalah biaya yang harus Anda bayar selain cicilan, umumnya sekitar 1,5 hingga 5% dari dana yang dipinjam. Biaya bunga adalah bunga yang dikenakan pada dana yang Anda pinjam. Umumnya besaran bunga yang diberlakukan relatif tinggi, sekitar 10 hingga 23% per tahun. Hal ini dikarenakan tidak adanya jaminan apapun yang dipegang bank, sehingga risiko kerugiannya juga cukup tinggi. Biaya penalti adalah biaya yang dikenakan apabila pelunasan pinjaman Anda dipercepat dan biasanya sekiar 5 hingga 6% dari sisa pinjaman Anda. Untuk biaya materai, adalah biaya yang dibutuhkan oleh Anda guna membayar materai saat pengajuan pinjaman. Dan yang terakhir adalah biaya asuransi, ini adalah asuransi jiwa yang dikenakan untuk meminimalisir risiko kredit apabila Anda meninggal dunia. Asuransi pun ditentukan sesuai dengan kebijakan dari bank pemberi pinjaman, bukan atas pilihan Anda. Sekian ulasan singkat ini, semoga bermanfaat.