1. Apa itu pinjaman tanpa jaminan

Pinjaman tanpa jaminan adalah salah satu jenis pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan untuk dapat mencairkan dana yang dibutuhkan. Setidaknya ada dua lembaga finansial konvensional yang menawarkan produk pinjaman dana tunai tanpa jaminan ini, yaitu bank dan koperasi. Selain Anda dapat mencari pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan ke bank maupun koperasi, Anda juga dapat mencari pinjaman jenis ini ke orang-orang di sekitar Anda, baik itu tetangga, teman, atau pun kerabat dan sanak keluarga. Pada orang-orang ini Anda dapat memperoleh pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair dan dapat langsung digunakan sesuai kebutuhan Anda. namun jika Anda takut dengan meminjam ke mereka dapat mengganggu hubungan baik antara keduanya, maka Anda dapat meminjam ke bank atau koperasi.

Pinjaman tanpa jaminan yang Anda dapatkan dari bank ataupun koperasi bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan atau kebutuhan. Pihak pemberi pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat tidak mensyaratkan keadaan khusus untuk dapat memperoleh pinjaman. Ini berbeda dengan model pinjaman untuk modal usaha misalnya, yang khusus ditujukan untuk bisnis atau usaha Anda. Jika dibandingkan, pinjaman tanpa jaminan yang ditawarkan oleh bank dan yang ditawarkan oleh koperasi masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Pada bank, pinjaman dana tanpa jaminan yang ditawarkan memiliki plafon yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan plafon yang diberikan koperasi. Sedangkan pinjaman sejenis yang ditawarkan koperasi prosesnya lebih cepat daripada proses di bank.

Untuk pinjaman dana di koperasi, hanya anggota saja yang dapat memperoleh pinjaman, sedangkan di bank semua orang dapat memperoleh pinjaman dana tunai yang tidak membutuhkan jaminan ini. Jadi masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Saat ini juga telah ada pinjaman uang tanpa jaminan online yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (internet). Dan lembaga koperasi maupun bank telah banyak yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk dapat lebih menjangkau para calon nasabahnya. Jadi Anda tidak perlu repot, tinggal berselancar di internet mencari situs web yang khusus menawarkan produk pinjaman tanpa membutuhkan jaminan apapun lalu Anda tinggal mengisi formulir permohonan sesuai yang tersedia di layar komputer Anda.

2. Alasan mengapa pinjaman tanpa jaminan sangat diminati

pinjaman tanpa jaminanAlasan paling utama mengapa jenis kredit pinjaman tanpa jaminan ini adalah tidak adanya jaminan itu sendiri. Karena bagi kebanyakan orang mendapatkan pinjaman dengan menggunakan jaminan atau agunan berarti mereka memiliki risiko akan kehilangan aset yang dijaminkan apabila suatu ketika terjadi kredit macet. Dengan adanya pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair maka kita akan dapat memperoleh pinjaman uang tanpa harus menyerahkan aset berharga kita sebagai jaminan atau agunan. Selain itu, proses pencairan pinjaman jenis ini pun relatif lebih cepat dan singkat daripada proses pencairan pinjaman yang menggunakan jaminan. Karena pihak pemberi pinjaman tidak direpotkan dengan pemeriksaan aset jaminan.

Namun ada beberapa hal yang patut Anda ingat. Yaitu suku bunga yang diterapkan lumayan tinggi, plafon yang diberikan relatif kecil, dan tenor atau jangka waktu pelunasan pun juga relatif singkat. Hal ini ada karena pinjaman dana tunai tanpa jaminan ini adalah kredit berisiko tinggi sehingga wajar apabila ketiga hal tersebut juga tinggi ataupun singkat. Hal ini juga berlaku pada pinjaman uang tanpa jaminan online yang banyak ditawarkan di dunia maya. Maka, sebelum Anda mencari pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat, sebaiknya terlebih dulu pelajari berapa suku bunganya, berapa plafon yang ditawarkan, berapa lama tenor yang diberikan, serta besar kecilnya angsuran yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Selain alasan proses yang cepat dan tidak adanya jaminan, alasan lainnya adalah alokasi penggunaan dana yang diterima tidak dibatasi. Tidak seperti pinjaman modal usaha misalnya, yang khusus untuk modal usaha. Pinjaman tanpa jaminan ini tidak ditentukan secara spesifik untuk apa dana yang telah Anda terima. Begitu uang ada ditangan Anda, segera bisa Anda gunakan untuk beragam kebutuhan. Baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan bisnis. Baik untuk kebutuhan darurat atau hanya untuk dana tambahan liburan saja. Namun satu hal yang pasti, rencanakan dengan baik dan matang penggunaan dana yang Anda terima tersebut. Jangan sampai malah akan menyusahkan dan memberatkan keuangan Anda di kemudian hari.

3. Apakah bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan secara online

Jenis kredit pinjaman tanpa jaminan ini banyak dicari orang karena dinilai cukup menguntungkan dan tidak memberatkan. Anda bisa memperoleh pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair dari koperasi ataupun bank, sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan masing-masing lembaga. Selain Anda bisa mendapatkan pinjaman secara konvensional, Anda juga bisa memperoleh pinjaman uang tanpa jaminan online yang ditawarkan oleh bank maupun koperasi online. Anda tinggal mengakses laman dari situs-situs pemberi pinjaman ini untuk mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat. Untuk besaran nilai dana yang dapat Anda terima bergantung pada kebijakan masing-masing lembaga. Namun satu hal yang pasti, Anda lebih mudah mencari pinjaman, karena dapat mengakses beberapa situs sekaligus dan mengajukan permohonan pinjaman dana tunai tanpa jaminan secara bersamaan.

Cari saja situs pemberi pinjaman yang menawarkan produk kredit tanpa jaminan, pelajari semua persyaratan dari produk yang ditawarkan. Jika Anda sudah mantap, Anda tinggal ikuti langkah-langkah yang tertera di laman situs tersebut. Biasanya proses ini tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi semua formulir online yang telah disediakan. Sehingga sistem pinjaman online ini sangat tepat sekali bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak punya banyak waktu luang. Di internet saat ini ada banyak sekali produk kredit pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan atau syarat apapun yang ditawarkan oleh berbagai situs pemberi pinjaman. Mereka bersaing satu sama lain untuk mendapatkan nasabah. Karena bisnis pembiayaan jika tidak memiliki nasabah sama saja dengan bisnis yang bangkrut.

Meskipun jenis kredit pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan, tetapi tingkat kredibilitas Anda sebagai peminjam tetap diperhatikan. Jika Anda memiliki rapor bagus dalam hal kredit di masa lalu, maka kemungkinan besar Anda akan mudah mendapatkan pinjaman tanpa agunan atau jaminan. Namun jika di masa lalu Anda memiliki riwayat kredit macet, baik dalam bentuk kredit pinjaman konvensional maupun kredit pinjaman online, maka Anda akan sulit untuk mendapatkan pinjaman dana yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, mempertahankan catatan kredit Anda tetap dalam kategori yang bagus akan menguntungkan bagi Anda di kemudian hari, jika Anda akan mencari pinjaman lagi.

4. Kelebihan pinjaman tanpa jaminan dengan pinjaman lainnya

Seperti yang telah sedikit disinggung di awal, bahwa salah satu keunggulan dari pinjaman tanpa jaminan ini adalah prosesnya yang relatif cepat dan pemakaian dana pinjaman yang tidak dibatasi. Selain itu juga ada kelebihan lagi dari pinjaman dana tunai tanpa jaminan ini. Antara lain:

  • Cukup praktis dan tidak membutuhkan jaminan. Hal ini karena nasabah tidak perlu menyerahkan aset berharga yang dimiliki
  • Penggunaan dana pinjaman yang cukup fleksibel. Anda bisa menggunakan untuk berbagai kebutuhan, baik kebutuhan pribadi maupun untuk kepentingan pengembangan bisnis Anda.
  • Proses pengajuan yang cepat serta mudah.
  • Selain itu, proses pencairan dana yang dipinjam pun relatif cepat.

Namun, dibalik kelebihan ada kekurangan. Begitu juga dengan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair ini, yang antara lain:

  • Bunga yang diberlakukan lebih tinggi dibanding pinjaman jenis lain. Hal ini diterapkan sebagai antisipasi dari risiko tinggi yang menjadi sifat dari pinjaman ini.
  • Plafon atau jumlah dana yang dapat diberikan relatif terbatas dan lebih sedikit dibandingkan jenis pinjaman yang menggunakan agunan aset berharga. Dana yang bisa diberikan sekitar Rp. 300 juta, tergantung kredibilitas Anda dan kebijakan lembaga yang bersangkutan.
  • Jangka waktu cicilan atau tenor yang diberikan juga relatif singkat, sekitar maksimal 5 tahun saja.
  • Peminjam harus memiliki pekerjaan tetap dan gaji bulanannya minimal sekitar Rp. 2 juta.

Kelebihan dan kekurangan ini berlaku pada pinjaman yang konvensional ataupun pinjaman uang tanpa jaminan online. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat, sebaiknya terlebih dulu Anda cermati setiap kelebihan dan kekurangan dari produk pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga pembiayaan yang bersangkutan. Selain itu, jangan lupa juga mempertimbangkan kemampuan keuangan bulanan Anda serta sumber keuangan yang akan Anda pakai untuk membayar angsuran bulanan dari kredit ini.

5. Apa yang akan Anda alami jika tidak mampu mencicil pinjaman ini tepat waktu

Saat Anda mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, maka Anda harus melakukan manajemen yang tepat dalam pemakaian dana yang telah diterima tersebut. Karena jika Anda salah dalam mengelola dana yang diterima, bisa jadi malah akan menyulitkan Anda saat melakukan pembayaran angsuran bulanannya. Dan jika Anda tidak mampu membayar angsuran bulanan dari pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang telah Anda dapatkan, maka Anda akan masuk dalam catatan khusus nasabah bermasalah. Selain itu, juga ada denda keterlambatan angsuran yang akan Anda terima. Dan denda ini dihitung per hari dari setiap angsuran yang terlambat. Meskipun prosentase dendanya tidak sampai 1%, tetapi jika terakumulasi selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, maka akan sangat memberatkan keuangan Anda.

Meskipun pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair relatif cukup mudah didapatkan, tetapi risiko yang Anda hadapi juga cukup tinggi. Bahkan bisa berlanjut ke ranah hukum jika Anda mengalami kredit macet setelah mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan online maupun offline. Karena bagaimanapun, sistem kredit pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat ini juga memiliki payung hukum dan telah diatur dalam perundang-undang di Indonesia. Jangan karena Anda tidak dapat melunasi angsuran pinjaman malah membuat Anda terjerat dalam kasus hukum. Perencanaan manajemen yang tepat sasaran untuk dana pinjaman yang Anda terima adalah langkah yang tepat untuk menghindari segala risiko yang mungkin akan Anda alami selama mengangsur pinjaman dari kredit ini. Berhati-hatilah dalam melangkah dan bertindak. Semoga ulasan singkat ini berguna dan bermanfaat untuk Anda.