Pinjaman Modal Usaha

 
Rp10 juta
Butuh Pinjaman Tunai? Tanpa agunan & tanpa kartu kredit
Maks Periode Pinjaman – 20 Bulan
Minimum Jumlah Pinjaman – 2.000.000 Rp
Maks Jumlah Pinjaman – 20.000.000 Rp
Ajukan pinjaman dengan mudah dan cepat dengan aplikasi Tunaiku!
AJUKAN PINJAMAN

1. Seputar Pinjaman Modal Usaha

Ada banyak cara lain untuk mendapatkan tambahan uang guna kebutuhan hidup sehari-hari, juga untuk tuntutan yang lainnya, baik untuk kesehatan, pendidikan, pernikahan dan lain sebagainya. Dan salah satu caranya adalah mengelola sebuah bisnis atau usaha. Namun seringkali kendala yang ditemui oleh pengusaha pemula adalah keterbatasan dalam hal modal. Dan salah satu langkah untuk mengatasi kendala ini adalah mencari pinjaman modal usaha. Pinjaman ini secara umum dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pinjaman dengan jaminan dan pinjaman tanpa jaminan. Untuk mendapatkan pinjaman yang mensyaratkan adanya jaminan, Anda bisa mendatangi berbagai lembaga keuangan di sekitar Anda, baik bank, koperasi atau yang lainnya.

Sedangkan untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, selain Anda dapat mendatangi lembaga keuangan seperti tersebut di atas (yang menyediakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan), Anda juga bisa menemui orang-orang terdekat Anda. Baik keluarga, teman dekat, sahabat karib, rekan kerja, atau yang lainnya. Karena orang-orang ini biasanya akan memberikan pinjaman modal kepada Anda tanpa meminta jaminan apapun. Sedangkan untuk lembaga keuangan, lembaga yang paling sering memberikan pinjaman tanpa jaminan adalah koperasi. Namun, pinjaman koperasi tanpa jaminan ini hanya diberikan kepada para anggotanya saja. Jadi, kalau Anda sudah menjadi anggota suatu koperasi, Anda bisa ke koperasi pinjam uang tanpa jaminan untuk mengembangkan usaha Anda.

2. Apa Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

pinjaman modal usahaJika Anda bertanya soal mudah atau sulit untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, ada beberapa hal yang mempengaruhinya. Hal yang paling utama adalah reputasi Anda dalam hal kredit macet. Jika Anda memiliki riwayat kredit macet dapat dipastikan akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan atau yang menggunakan jaminan sekalipun. Namun, untuk pinjaman koperasi tanpa jaminan relatif lebih mudah mendapatkannya, sebab kurang begitu memperhatikan riwayat kredit macet Anda. Hal ini dikarenakan di dalam koperasi sudah ada iuran pokok dan iuran wajib, serta Sisa Hasil Usaha. Jika Anda mengalami kredit macet maka akan Sisa Hasil Usaha yang akan Anda terima di akhir tahun terlebih dulu dikurangi dengan kredit macet Anda.

Jadi, saat Anda ke koperasi pinjam uang tanpa jaminan, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan riwayat kredit macet Anda di berbagai lembaga keuangan. Meskipun begitu hal ini tetap menjadi perhatian oleh pengurus koperasi saat Anda memiliki kredit macet di koperasi tersebut, serta ketika perhitungan Sisa Hasil Usaha yang Anda terima masih belum mencukupi untuk menutup kredit macet Anda di koperasi tersebut. Meskipun Anda mencari pinjaman koperasi online yang tidak membutuhkan tatap muka langsung, namun reputasi sebagai anggota koperasi yang baik tetap harus dijaga. Karena, unsur kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam mudah atau sulitnya mendapatkan pinjaman modal untuk usaha Anda. Riwayat kredit macet, reputasi, dan unsur kepercayaan adalah faktor yang terpenting.

3. Alasan Paling Umum Permohonan Pinjaman Modal Usaha Ditolak

Seperti yang telah saya singgung di atas, bahwa faktor riwayat kredit macet, reputasi, dan unsur kepercayaan (sejauh mana Anda dapat dipercaya dalam melaksanakan kewajiban cicilan) adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan apakah pinjaman modal usaha Anda diterima atau ditolak. Meskipun Anda adalah anggota koperasi dan mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, tetap saja tingkat kepercayaan pengurus koperasi terhadap Anda cukup berpengaruh dalam diterima atau tidaknya permohonan peminjaman modal yang Anda ajukan. Karena secara umum, dana koperasi relatif lebih kecil daripada dana bank dan sangat diperhitungkan perputarannya oleh pihak pengurus koperasi. Jika Anda meminjam uang pada koperasi, lantas tidak mampu melaksanakan kewajiban cicilan maka hal tersebut akan berdampak pada kegiatan koperasi lainnya yang juga membutuhkan dana.

Jadi, ketika Anda ke bank atau koperasi pinjam uang tanpa jaminan (terlebih lagi tidak adanya jaminan untuk dana yang Anda pinjam), pastikan bahwa Anda tidak punya riwayat kredit macet serta yakinkan pihak pemberi pinjaman modal bahwa Anda benar-benar dapat dipercaya. Sehingga permohonan Anda dapat dikabulkan. Karena dengan tidak adanya jaminan, maka risiko yang dihadapi oleh lembaga pemberi pinjaman akan lebih besar daripada dengan adanya jaminan. Jika Anda mengalami kredit macet, maka tidak ada yang disita jika Anda mengajukan pinjaman modal tanpa jaminan. Tetapi jika Anda memiliki jaminan, saat kredit macet, aset yang Anda jaminkan akan disita dan diuangkan untuk menutupi kredit macet Anda tersebut.

4. Langkah yang Harus Diperhatikan Sebelum Mencari Pinjaman Modal Usaha

Jika niat Anda sudah mantap untuk mencari pinjaman modal usaha, terlebih lagi untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, maka ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan atau perhitungkan sebelum Anda benar-benar mengambil pinjaman tersebut. Sebagai contoh, misalnya Anda mendapatkan pinjaman koperasi tanpa jaminan, Anda harus berapa jumlah dana yang dibutuhkan, mempertimbangkan cara mencicil Anda, sumber dana yang dibutuhkan untuk mencicil tersebut, jangka waktu atau lama cicilan, nominal yang harus Anda cicil per bulan, serta bunga yang dikenakan pada pinjaman tersebut. Jika Anda dapat mempertimbangkan hal-hal tersebut secara teliti dan seksama, maka kemungkinan kecil Anda di kemudian hari dapat mengalami kesulitan mencicil atau bahkan kredit macet.

Setelah usaha Anda pergi ke koperasi pinjam uang tanpa jaminan membuahkan hasil, maka segera saja pinjaman modal usaha yang Anda dapatkan tersebut dibelanjakan untuk kebutuhan usaha Anda. Jangan sampai salah penggunaan, kebutuhan yang seharusnya tidak membutuhkan dana dari pinjaman tersebut malah didanai menggunakan uang hasil pinjaman tersebut. Karena hal ini malah akan menyulitkan Anda di kemudian hari. Bisa jadi malahan usaha Anda gulung tikar karena kesalahan manajemen tersebut. Dari manapun pinjaman modal yang Anda dapatkan, termasuk dari pinjaman koperasi online, tetap harus dikelola sebagaimana mestinya, sesuai dengan kebutuhan modal usaha Anda. Terapkanlah prinsip manajemen yang bagus untuk usaha atau bisnis Anda tersebut.

5. Berapa Banyak Uang yang Bisa Diperoleh dari Pinjaman Modal Usaha

Jika Anda bertanya berapa banyak uang yang bisa didapatkan dari pinjaman modal usaha, terlebih lagi pinjaman modal usaha tanpa jaminan, maka jawabannya relatif. Ini tergantung pada lembaga pemberi pinjaman tersebut. Ada yang berkisar di bawah 10 juta rupiah, ada juga yang pada kisaran puluhan juta rupiah. Yang jelas, pinjaman tanpa jaminan lazimnya akan mendapatkan modal yang relatif lebih sedikit daripada pinjaman dengan jaminan. Selain itu bunga yang diberlakukan biasanya lebih besar, dan jangka waktu pelunasan pun biasanya lebih singkat.

Jika Anda mendapatkan pinjaman koperasi tanpa jaminan untuk modal usaha biasanya hanya berkisar di bawah 10 juta rupiah, mengingat modal koperasi tidaklah begitu besar jika dibandingkan dengan bank. Oleh karena itu, saat Anda ke koperasi pinjam uang tanpa jaminan, jangan berharap mendapatkan dana yang sangat banyak, kecuali koperasi tersebut memiliki modal yang sangat besar yang setara dengan dana yang dimiliki oleh sebuah bank untuk beroperasi. Sebelum Anda mengajukan pinjaman, pastikan dulu lembaga mana yang akan Anda tuju untuk mendapatkan dana pinjaman modal usaha tersebut.

Close
Close