1. Apa itu pinjaman jaminan BPKB motor

Salah satu jenis pinjaman kredit yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah pinjaman jaminan bpkb motor. Ini dikarenakan hampir semua orang di Indonesia memiliki sepeda motor, yang mana surat kendaraan dari sepeda motor ini sangatlah penting sehingga memiliki nilai jual dan dapat dijadikan sebagai agunan dalam mengajukan suatu pinjaman. Selain itu, proses pencairan pinjaman yang relatif cepat juga menjadi salah satu daya tarik dari pinjaman jenis ini. Ketika seseorang mengajukan pinjaman uang jaminan bpkb motor, maka orang tersebut hanya perlu membawa surat kendaraan tersebut beserta sepeda motornya ke tempat pemberi pinjaman. Dan pemberi pinjaman hanya perlu sebentar memeriksa kesesuaian antara keterangan sepeda motor yang tertulis dalam bpkb dengan fisik sepeda motor. saat semua sudah beres, tak berapa lama dana yang dimohon pun dapat segera cair.

Bahkan saat ini, sebagian besar rakyat Indonesia tidak hanya memiliki satu sepeda motor saja, bisa dua motor atau lebih. Dan ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang lebih suka mencari pinjaman uang menggunakan jaminan bpkb sepeda motor. sebenarnya, tidak hanya bpkb sepeda motor saja yang dapat dijadikan jaminan atau agunan untuk mencari pinjaman. Bpkb mobil juga dapat digunakan untuk mencari pinjaman. Satu lagi hal yang menarik minat orang untuk meminjam dengan jaminan ini, yaitu kendaraan dari bpkb yang dijaminkan masih bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Pihak pemberi pinjaman hanya perlu memegang surat bpkb motor tersebut.

2. Cara mengajukan pinjaman BPKB motor

pinjaman jaminan bpkb motor Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa saat mengajukan pinjaman jaminan bpkb motor, yang dipegang oleh pemberi pinjaman hanyalah surat bpkb motornya saja. Kendaraaan bermotor masih dapat digunakan oleh si peminjam. Namun, apabila terjadi kredit macet, maka surat bpkb serta kendaraan bermotornya, baik sepeda motor ataupun mobil, akan disita oleh si pemberi pinjaman sebagai ganti dari dana yang dipinjam tersebut. Meskipun sudah mengetahui risiko ini, tetap saja banyak orang yang mencari pinjaman uang jaminan bpkb motor untuk berbagai kebutuhan finansial yang sifatnya mendesak atau darurat.

Cara pengajuan pinjaman menggunakan jaminan bpkb motor ini relatif mudah dan simpel. Sebagaimana yang telah disinggung di awal, peminjam yang memiliki motor atau mobil hanya perlu membawa surat bpkb serta kendaraan bermotornya menemui si pemberi pinjaman, baik lembaga maupun perseorangan. Setelah bertemu dan mengajukan permohonan, maka si pemberi pinjaman akan memeriksa kesesuaian data yang tertera pada bpkb dengan keadaan fisik dari motor atau mobil tersebut. Jika sudah sesuai, maka akan dilakukan kesepakatan antara peminjam dan pemberi pinjaman mengenai jumlah dana yang dapat dicairkan, lama angsuran, serta besarnya angsuran bulanan dan bunganya. Lembaga yang paling sering memberikan pinjaman jenis ini adalah pegadaian dan koperasi. Ada juga beberapa bank yang memberikan pinjaman.

3. Keunggulan pinjaman BPKB motor

Memang diakui bahwa jenis kredit pinjaman jaminan bpkb motor ini memiliki beberapa keunggulan yang menarik minat banyak orang untuk mendapatkan pinjaman uang jaminan bpkb motor. Salah satunya adalah proses pengajuan dan pencairan yang cepat dan simpel. Tidak bertele-tele. Prosesnya biasanya tidak membutuhkan waktu lebih dari sehari. Selain itu, kendaraan yang bpkb-nya Anda gunakan sebagai jaminan masih bisa dipakai dan dikendarai. Tidak dibawa oleh si pemberi pinjaman. Sehingga Anda masih bisa beraktivitas seperti sediakala menggunakan sepeda motor tersebut.

Selain keunggulan, ada juga kekurangannya. Salah satu kekurangannya adalah plafon yang diberikan biasanya sedikit. Tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan kredit yang menggunakan jaminan tanah atau rumah misalnya. Ini dikarenakan nilai jual motor yang dijadikan jaminan pun relatif lebih murah jika dibandingkan dengan nilai jual tanah atau rumah. Kecuali yang Anda jaminkan adalah motor moge atau motor mewah dengan merek internasional yang terkenal sangat mahal, seperti Harley Davidson, Ducati, dan lain sebagainya. Kemungkinan besar jika Anda menjadikan jaminan bpkb motor jenis ini untuk mendapatkan pinjaman, maka dana yang Anda terima juga akan cukup besar. Selain plafon yang kecil, tenor atau jangka waktu pengembalian pun relatif singkat. Paling lama biasanya hanya sekitar 3 tahun saja.

4. Apa ada pinjaman BPKB motor online

Seiring dengan perkembangan internet, maka untuk kredit pinjaman jaminan bpkb motor pun tidak ketinggalan. Dewasa ini di internet juga telah ada penawaran pinjaman uang jaminan bpkb motor secara online. Namun biasanya ruang lingkupnya masih terbatas. Masih dalam jangkauan jarak yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari satu atau dua jam perjalanan. Mengingat masih diperlukannya penyerahan jaminan berupa bpkb tersebut. Juga masih diperlukannya pemeriksaan kesesuaian fisik dari keterangan motor di bpkb dengan kondisi riil fisik kendaraan. Pihak pemberi pinjaman biasanya akan mendatangi tempat atau rumah si peminjam setelah permohonan online-nya diajukan. Dan proses selanjutnya sama seperti model konvensionalnya.

Saat ini di internet sudah banyak sekali koperasi online. Dan apabila Anda telah menjadi anggota koperasi online tersebut, maka Anda juga dapat mengajukan pinjaman kredit menggunakan jaminan bpkb motor yang Anda miliki. Untuk proses pengajuannya sama saja dengan proses pengajuan kredit online lainnya. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mengakses situs koperasi online tersebut menggunakan komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. Mengisi sejumlah formulir yang disediakan, dan mengikuti setiap langkah atau panduan proses pengajuan pinjaman yang telah disediakan.

5. Alasan paling umum pinjaman BPKB motor ditolak

Meskipun kredit pinjaman jaminan bpkb motor cukup mudah dalam pengajuannya. Namun ada beberapa alasan mengapa pengajuan pinjaman Anda menggunakan jaminan bpkb motor ini ditolak. Salah satunya adalah usia motor yang dijadikan jaminan atau agunan sudah terlalu tua. Usia yang dimaksud di sini adalah tahun produksi dari motor tersebut. Suatu contoh misalnya, Anda memiliki sepeda motor yang diproduksi pada tahun 2000, maka kemungkinan pengajuan pinjaman Anda akan ditolak dikarenakan saat diperhitungkan nilai jual motor tersebut tidak terlalu tinggi. Mengingat di pasaran saat ini banyak sekali produk motor baru yang dijual dengan harga relatif terjangkau, baik dengan sistem kredit maupun cash.

Alasan lain mengapa pinjaman uang jaminan bpkb motor Anda ditolak adalah Anda telah memiliki riwayat kredit macet sebelumnya di lembaga tersebut. Sehingga oleh pihak pengelola dipertimbangkan bahwa pengajuan pinjaman Anda tersebut tidak terlalu menguntungkan. Selain itu, alasan yang juga lazim diberikan saat penolakan pengajuan permohonan kredit adalah keadaan fisik dari kendaraan bermotor, sepeda motor atau mobil, Anda tersebut sangat memprihatinkan alias rusak parah. Sehingga menurut pertimbangan si pemberi pinjaman, bahwa dana perbaikan yang dibutuhkan oleh kendaraan tersebut tidak sebanding dengan harga jualnya. Demikian sekilas info tentang pinjaman jenis ini, semoga bermanfaat.