Pinjam uang tanpa jaminan apapun

 
Rp10 juta
Butuh Pinjaman Tunai? Tanpa agunan & tanpa kartu kredit
Maks Periode Pinjaman – 20 Bulan
Minimum Jumlah Pinjaman – 2.000.000 Rp
Maks Jumlah Pinjaman – 20.000.000 Rp
Ajukan pinjaman dengan mudah dan cepat dengan aplikasi Tunaiku!
AJUKAN PINJAMAN

1. Sekilas tentang pinjam uang tanpa jaminan apapun

Pinjaman adalah salah satu cara yang lazim digunakan oleh seseorang yang sedang dalam keadaan darurat finansial. Dan salah satu cara yang ditempuh adalah pinjam uang tanpa jaminan apapun. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pelosok, biasanya mendapatkan pinjaman dari rentenir atau tukang kredit uang keliling. Karena mereka mampu memberikan dana pinjaman bagi siapa saja yang butuh uang cepat tanpa jaminan apapun. Namun biasanya dengan menarik bunga tinggi dan waktu pelunasan yang sangat singkat, tidak sampai 6 bulan cicilan.

Masyarakat di pelosok desa hanya perlu menyerahkan fotokopi KTP (kadang juga tidak diperlukan fotokopi KTP) pada tukang kredit uang keliling yang mendatangi rumah si peminjam. Dan dalam hitungan menit setelah terjadi kesepakatan tenor, besar cicilan dan bunganya, uang pun langsung cair. Kemudahan dalam pinjam uang tanpa jaminan apapun yang ditawarkan inilah seringkali menjadi alternatif pilihan darurat saat terdesak oleh kebutuhan finansial. Namun biasanya jumlah dana yang dapat dipinjam hanyalah sedikit. Tidak sampai berpuluh-puluh juta rupiah.

Selain rentenir dan tukang kredit uang keliling, lembaga yang juga banyak di pedesaan yang dapat memberikan pinjaman uang tanpa meminta jaminan apapun adalah koperasi. Dan koperasi dapat dibilang lebih lebih baik daripada keduanya. Karena koperasi menerapkan sistem kekeluargaan, yang mana setiap anggota koperasi dapat meminjam ke koperasi dengan suku bunga yang cukup ringan. Dan di akhir tahun, terdapat pembagian sisa hasil usah bagi semua anggota koperasi. Sisa hasil usaha ini diperoleh dari keuntungan berbagai usaha koperasi selama setahun, termasuk bunga yang dikenakan pada dana yang dipinjam anggotanya. Jadi, menjadi anggota koperasi dan meminjam di koperasi jauh lebih menguntungkan dan ringan.

2. Keunggulan pinjam uang tanpa jaminan apapun dari pinjaman lainnya

pinjam uang tanpa jaminan apapunDari setiap jenis pinjaman atau kredit uang yang ada, masing-masing memiliki kelebihan atau keunggulan dan kekurangannya. Tidak terkecuali pinjam uang tanpa jaminan apapun ini. Salah satu keunggulannya yang jelas dan mudah diketahui adalah tidak dibutuhkannya jaminan apapun. Bagi siapa saja yang mengajukan pinjaman, tidak perlu repot-repot memikirkan aset berharga apa yang harus dijadikan jaminan atau agunan. Jadi, ketika Anda butuh uang cepat tanpa jaminan apapun, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman pada lembaga yang menawarkan produk jasa ini. Dan saat ini, selain koperasi, beberapa bank nasional juga telah memiliki produk kredit yang tidak membutuhkan jaminan ini, guna menarik perhatian dan minat nasabah potensial.

Pinjaman jenis ini dapat dikategorikan sebagai pinjaman uang tunai atau pinjaman pribadi (personal loans). Dan biasanya kredit ini memiliki jangka waktu yang singkat. Oleh karena itu termasuk sebagai jenis kredit yang berisiko tinggi. Selain itu, kredit jenis ini biasanya memiliki suku bunga yang tinggi, plafon yang relatif kecil atau sedikit, serta tenor yang relatif singkat. Sekali lagi, ini dikarenakan risiko tinggi yang dimiliki oleh pinjaman ini, sehingga pihak pemberi pinjaman mengantisipasinya dengan ketiga hal tersebut. Namun, jika memang Anda tidak memiliki aset berharga atau tidak mau kehilangan aset berharga Anda karena disita, maka pinjaman jenis ini adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, Anda dapat mengajukan pinjaman ini untuk berbagai macam kebutuhan pribadi Anda. seperti merenovasi rumah, tambahan dana untuk beli mobil baru, biaya cadangan saat bertamasya, maupun untuk kebutuhan darurat seperti biaya pengobatan dan rawat inap di rumah sakit, dan lain sebagainya. Saat hendak mencari pinjaman jenis ini, carilah lembaga keuangan yang memberikan keuntungan atau keunggulan yang paling banyak untuk Anda.

3. Berapa yang bisa diperoleh dari pinjam uang tanpa jaminan apapun

Sebagaimana telah sedikit dibahas di atas, dana yang diperoleh dari upaya pinjam uang tanpa jaminan apapun adalah relatif kecil jika dibandingkan dengan pinjaman yang menggunakan jaminan atau syarat khusus, seperti pinjaman untuk modal usaha. Untuk pinjaman yang diperoleh dari rentenir atau tukang kredit uang keliling misalnya, yang lazim berlangsung di sejumlah pelosok desa, biasanya hanya dalam kisaran ratusan ribu hingga di bawah 10 juta rupiah saja. Sedangkan untuk pinjaman tanpa jaminan yang diberikan koperasi kepada anggotanya yang meminjam, ini tergantung kebijakan masing-masing koperasi, dengan memperhitungkan aset dana bergerak koperasi, serta tingkat keanggotaan si peminjam. Jumlah dana yang dipinjam mungkin bisa mencapai sekitar Rp. 50 jutaan.

Sedangkan untuk dana yang bisa diperoleh dari bank yang menyediakan produk pinjaman tanpa jaminan, mungkin bisa mencapai di atas Rp. 50 juta, tergantung kebijakan masing-masing bank. Jadi, saat Anda butuh uang cepat tanpa jaminan apapun, pastikan terlebih dulu ke mana Anda akan mencari pinjaman serta berapa yang Anda butuhkan. Juga jangan lupa untuk memperhitungkan suku bunga yang diterapkan, plafon dan cicilan per bulannya, serta tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman. Karena tujuan umum mencari pinjaman adalah untuk meringankan beban finansial Anda, bukan malah memberatkan. Pilihlah produk pinjaman yang paling tidak memberatkan Anda dalam hal angsuran bulanannya.

Jangan karena Anda tertarik dengan proses peminjaman yang simpel, cepat, dan mudah lantas Anda tidak memperhitungkan kemampuan finansial bulanan Anda. Karena kebutuhan bulanan Anda adalah pengeluaran yang sudah pasti dan membutuhkan dana yang harus tersedia setiap bulannya. Lakukan pertimbangan secara matang dan menyeluruh sebelum Anda mengambil pinjaman uang tanpa jaminan ataupun jenis pinjaman lainnya.

4. Apa yang terjadi jika tidak dapat membayar pinjaman tepat waktu

Satu hal yang pasti saat Anda tidak dapat membayar pinjaman, yaitu beban denda. Saat Anda pinjam uang tanpa jaminan apapun, jangan lupa juga untuk memperhatikan denda yang diterapkan jika suatu ketika terjadi keterlambatan pembayaran angsuran. Umumnya, biaya denda yang dikenakan sekitar 0.25% per hari dari angsuran yang terlambat Anda bayar. Selain denda, Anda juga akan mendapatkan teguran resmi dari pihak bank dan nama Anda akan masuk dalam daftar “hitam” bank tersebut.

Bahkan, ketika Anda mengalami gagal bayar alias kredit macet, tidak menutup kemungkinan pihak bank akan melakukan langkah-langkah hukum guna menyelesaikan masalah ini. Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Namun, hal ini jangan menyurutkan langkah Anda untuk mencari pinjaman, asalkan Anda mengelola dana yang diperoleh secara tepat, melaksanakan kewajiban angsuran secara tepat waktu, maka kemungkinan kecil Anda akan mengalami hal ini.

Jadi, ketika Anda butuh uang cepat tanpa jaminan apapun, lakukan dulu perencanaan secara matang sejak dana Anda terima hingga pinjaman terlunasi. Dengan demikian Anda tidak akan mengalami gangguan atau kesulitan saat melaksanakan kewajiban mengangsur. Karena, saat nama Anda sudah masuk “daftar hitam” dari suatu bank, maka bank-bank yang lain pun akan mengerti dan kemungkinan besar tidak bersedia memberikan pinjaman kepada Anda. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat.

Close
Close