Blog

Lakukan Tips Berikut Untuk Menghemat Uang Anda

Banyak orang yang bingung mengatur keuangan meski pendapatan mereka tergolong tidak kecil. Pemasukan besar, pengeluaran juga besar. Nah, jika Anda termasuk golongan ini maka Anda perlu beberapa tips untuk menghemat uang Anda. Setiap orang memang punya keinginan yang berbeda-beda. Ada yang ingin rumah baru, ada yang ingin berlibur di saat pensiun, membangun usaha baru dan lain sebagainya. Untuk mewujudkan mimpi tersebut tentu mereka harus menabung.

Orang baru kepikiran hendak berhemat biasanya ketika dia sudah dalam kondisi terdesak. Misalnya saja seseorang yang terlilit hutang, akan menyesali kebiasaan borosnya di masa lalu dan ini kemudian akan membawanya untuk mengambil langkah-langkah penghematan. Setiap orang pasti pernah khilaf namun yang paling penting adalah memperbaiki kesalahan dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Menabung menuntut kita untuk menyisihkan uang secara khusus dan agar itu terwujud kita harus berhemat. Ada seni dan trik khusus terutama bagi Anda yang kesulitan menabung dan pemahaman tentang managemen keuangan seperti ini akan sangat berguna bagi Anda. Baiklah, kali ini kita akan berbicara lebih jauh tentang beberapa tips untuk menghemat uang.

Yakinlah bahwa setiap orang mengalami kesulitan keuangan

Anda tinggal tonton televisi dan dalam sehari coba hitung berapa berita yang menyiarkan persoalan keuangan yang dialami oleh para buruh, petani, ibu rumah tangga, dan lain-lain. semuanya merasakan beban keuangan yang seolah-olah besar dan untuk itu mereka menuntut beragam hal seperti kenaikan gaji, kenaikan tunjangan, penurunan harga BBM, kebutuhan pokok dan lain-lain.

Satu hal yang sebenarnya tidak terungkap yakni orang-orang jaman sekarang lebih mudah membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang tidak terlalu urgent. Belum habis bulan berganti uang sudah habis duluan. Untuk itu orang-orang mulai berhutang dan ketika tiba waktu gajian uang tersebut sudah habis untuk membayar hutang dan demikianlah lingkaran setan hutang terus membelit dan menciptakan masalah baru.

Dari sinilah Anda harus mulai berpikir sehat. Kelola keuangan pribadi Anda secara realistis dan tidak tergoda untuk membuat pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Stop kegiatan-kegiatan yang tidak produktif dan menghabiskan uang. Salah satunya adalah berhenti berlangganan televisi dan internet karena di samping tidak murah juga membuat Anda banyak duduk di depan televisi alias tidak produktif. Tundalah untuk berbelanja sesuatu yang tidak penting dan biarkan uang berlama-lama di dalam kendali Anda.

Rencanakan sesuatu

Ini merupakan kunci dari hidup teratur. Tidak mungkin Anda bisa berhemat atau menabung jika Anda tidak punya suatu visi alias rencana yang membuat Anda termotivasi untuk tidak menggunakan uang. Sebuah rencana menghalangi Anda dari membeli secara mendadak atau tiba-tiba. Jika Anda berencana membeli sebuah mobil tentu Anda ingin segera uang itu terkumpul dan tidak menggunakannya untuk hal-hal lain apalagi berfoya-foya. Demikian pula untuk dana pendidikan, dana rumah, menikah dan lain sebagainya.

Pada awalnya tentu tidak enak harus mengekang diri dari apa-apa yang kita senangi. Namun lambat laun Anda pasti terbiasa dan paham betapa positifnya apa yang Anda upayakan itu. Uang yang Anda kumpulkan setiap saat akan bertambah banyak dan kenyataan Anda tidak tergoda memakainya adalah hal terbaik yang Anda syukuri.

Apapun rencana yang Anda buat pastikan itu membuat Anda lebih disipiln dan terkendali. Jangan membuat rencana yang tidak mungkin Anda tuntaskan alias tidak masuk akal. Artinya tidak perlu muluk-muluk, yang penting Anda terus menabung dan di akhir bulan dana Anda terus bertambah bukannya berkurang apalagi sampai berhutang.

Hapuskan pengeluaran-pengeluran tidak penting

Setiap orang memang berhak bersenang-senang dan boleh-boleh saja. Akan tetapi bila Anda sedang dalam program berhemat Anda harus mampu mengendalikan diri dan berfokus pada menabung dan mengendalikan pengeluaran Anda. Cobalah introspeksi, pengeluaran-pengeluran apa saja yang bisa Anda pangkas. Lalu, buatlah rencana untuk mewujudkannya dan yakinkan diri Anda bahwa setiap rupiah yang Anda hambur-hamburkan akan sangat merugikan diri Anda cepat atau lambat.

Pengeluaran yang tidak perlu itu antara lain hal-hal seperti nonton bioskop, rekreasi hingga membeli barang-barang yang tidak terlalu diperlukan. Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok atau minum-minuman beralkohol karena selain Anda bisa berhemat Anda juga menjaga kesehatan tubuh Anda sendiri. Mengambil langkah-langkah penghematan ini menyadarkan kita betapa berharganya setiap rupiah yang kita hasilkan.

Anggaplah kehidupan yang kita jalani sekarang ini dalam kondisi darurat dan Anda harus berkonsentrasi pada kebutuhan-kebutuhan penting. Berolah raga juga bisa memberi Anda kebugaran dan berimbas pada keputusan-keputusan cerdas dan bijak. Cobalah untuk mengurangi mengendarai mobil atau motor dan beralih ke sepeda atau jalan kaki. Ini akan memberi Anda penghematan luar biasa. Lakukan selama tidak mengganggu kehidupan normal Anda.

Mencari penghasilan sampingan

Penghasilan sampingan pastinya diperlukan oleh mereka yang penghasilan tetapnya dirasa minim. Inilah saatnya melakukan hal-hal yang produktif dan inovatif dengan menggali kembali bakat dan kemampuian terpendam Anda. Misalnya saja jika Anda pandai bercocok tanam cobalah membuat usaha yang berkaitan dengan berkebun atau jika Anda mampu membuat suatu kerajinan lakukan saja. Tak jarang kesuksesan berawal dari hobi yang ditekuni.

Jika keahilan yang dimiliki pas-pasan sementara waktu yang dimiliki cukup longgar bisa juga mengambil pekerjaan seperti menjaga bayi, menjaga rumah dan lain-lain. intinya setiap waktu yang Anda miliki gunakanlah untuk kegiatan yang produktif dan positif bagi keuangan Anda. Kebiasaan produktif ini juga berefek positif menghindarkan Anda dari sifat terlalu cepat menyerah saat ada kebutuhan yang mendesak. Maksimalkan tenaga dan pikiran Anda untuk menambah penghasilan.

Memulai sebuah usaha sampingan adalah cara yang jitu untuk mendapatkan uang dengan cepat dan Anda bisa mempraktikkannya dari sekarang. Pikirkan hal yang paling masuk akal untuk dilakukan dan tekuni sampai membuahkan hasil.

Catatlah dengan rapi setiap pengeluaran dan pemasukan Anda

Meski untuk skala rumah tangga mencatat kebutuhan sangatlah penting. Pembukuan ini bisa membantu Anda mengevauasi apa saja pengeluaran penting dan tidak penting yang Anda lakukan dan seberapa besar pemasukan yang sudah Anda dapatkan. Lalu berdasarkan catatan tersebut kita bisa memutuskan apa yang tidak boleh lagi dibeli dan apa yang harus dihemat. Menyimpan nota pembelian merupakan ide bagus agar kita tahu dan lebih tertib administrasi. Anda akan terkejut betapa catatan keuangan ini akan sangat berguna dan membuat Anda berpikir lebih rasional.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk menghemat uang Anda. Uang adalah sumberdaya penting yang Anda cari setiap hari dan menghargai betapa pentingnya uang membuat kita sadar betapa banyak pengeluaran tak perlu yang sudah kita lakukan dan apabila dikonversi menjadi rupiah, maka pundi-pundi keuangan kita sebenarnya sudah cukup banyak. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna dan menambah wawasan serta inspirasi bagi Anda semua.

Close
Close