Blog

Lakukan Kebiasaan-Kebiasaan Ini Maka Anda Akan Kaya

Sudah menjadi angan-angan setiap orang untuk bisa hidup layak dan tidak kekurangan. Dengan kata lain, setiap orang ingin menjadi kaya. Anda juga demikian bukan? Namun keinginan ini hanya akan tinggal keinginan tanpa sebuah tindakan atau aksi untuk mewujudkannya. Uniknya, banyak kebiasaan baik yang bisa mendorong seseorang berkembang menjadi lebih kaya dan sekilas nampak sepele atau bahkan tidak terpikirkan sebelumnya.

Membayangkan orang kaya benak kita tentu terbayang seseorang yang memiliki beberapa rumah mewah, mobil mewah, dan mahal serta usaha yang maju. Tentu gambaran ini tidak salah. Setidaknya memahami beberapa kebiasaan yang berkontribusi terhadap kekayaan mereka tentu memberikan pelajaran yang sangat berharga.

Cara yang paling populer untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan adalah dengan berbisnis. Kerjakan sesuatu yang Anda bisa dan berpotensi menghasilkan uang lalu perlahan-lahan kembangkan dari berbagai segi misalnya peningkatan produksi, menambah modal, memperbaiki kualitas, dan kuantitas produk dan sebagainya. Semakin besar bisnis atau usaha Anda maka semakin besar nilai dari usaha Anda dan ini akan terkalkulasi menjadi kekayaan yang Anda miliki. Usaha yang sudah mapan tentu akan membuat Anda lebih percaya diri seandainya mencari pinjaman modal dari luar. Bandingkan penawaran pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baiklah kembali ke topik awal, kebiasaan-kebiasaan yang membuat orang kaya berikut ini sudah terbukti dan disarikan dari testimoni orang-orang kaya dan sukses di seluruh dunia. Jadi, siapa tahu Anda akan termotivasi untuk meningkatkan taraf hidup Anda.

1. Membiasakan Menabung

Menabung adalah kebiasaan yang ditanamkan oleh orang-orang kaya sejak dini kepada anak-anak dan anggota keluarga mereka. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Sehari seutas benang, setahun sehelai kain dan masih banyak lagi peribahasa yang mengungkapkan betapa menabung itu sangat penting dan bermanfaat.

Jadi benar sekali bahwa menabung sangat efektif bagi Anda yang ingin menghimpun kekayaan. Apabila sudah menjadi kebiasaan maka kekayaan Anda akan bertambah setiap harinya tanpa terasa. Anak-anak yang terbiasa menabung kelak di kemudian hari akan sangat menghindari berhutang, kecuali untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak atau strategis. Inilah disiplin finansial yang wajib Anda terapkan di rumah.

Ada banyak cara untuk menabung hari ini. Di rumah Anda bisa menyimpan uang di celengan yang terbuat dari bambu sederhana atau kaleng biskuit. Sisihkan tiap hari secara rutin entah seribu, dua ribu, sepuluh ribu atau lima puluh ribu atau bahkan seratus ribu. Berapapun itu pastikan Anda memasukkannya secara rutin. Sebagai contoh setiap hari Anda memasukkan seribu lalu meningkat menjadi dua ribu dan seterusnya. Hal ini akan memberikan motivasi dan kepuasan tersendiri bagi Anda.

Menabung di bank merupakan cara yang paling populer orang lakukan. Bertambahnya saldo akan membuat kita semakin bersemangat dan senang bahkan meski kita belum memakai uang itu sekalipun. Ada baiknya pula ketika menabung Anda tidak membuat kartu ATM agar Anda tidak tergoda untuk menghabiskan uang dengan cepat. Selanjutnya adalah menabung dalam bentuk arisan. Ikut arisan selain bermanfaat menambah uang juga memperkuat jalinan siliaturrahmi.

2. Membiasakan Berhemat

Berhemat adalah ciri-ciri orang yang bijak. Namun Anda tidak boleh menyalahtafsirkannya sebagai sifat pelit atau kikir. Berhemat berarti memakai sumberdaya yang kita miliki secara efisien dan efektif bergantung pada kebutuhan. Sifat ini berlawanan dengan sifat boros yang berarti menghambur-hamburkan sumberdaya tanpa pikir panjang. Berhemat membuat Anda sadar betapa penting dan bernilainya sumberdaya yang Anda miliki sekarang ini tak peduli seberapapun kecilnya.

Kebiasaan berhemat ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti menghemat pulsa telepon. Hari ini pengeluaran yang tidak terasa adalah untuk membeli pulsa padahal belum tentu pulsa tersebut dipakai untuk sesuatu yang bermanfaat apalagi bernilai uang. Selanjutnya adalah hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman keras atau jajan sembarangan di luar rumah.

Berhemat membuat hidup orang lebih sehat dan dengan demikian mampu berpikir jernih dalam pengelolaan finansialnya. Memang, berhemat itu melatih kesabaran dan mencegah kita dari perbuatan yang mubazir atau sia-sia terutama yang berkaitan dengan keuangan. Jika Anda mampu melakukannya maka orang-orang di sekitar Anda akan cenderung meniru perilaku Anda dan ini tentu akan sangat positif sehingga seluruh anggota keluarga misalnya akan tergerak untuk menggunakan sumberdaya yang ada secara maksimal.

Lakukan penghematan dari sekarang. Hentikan pengeluaran yang tidak perlu. Anda boleh sesekali jajan di luar atau piknik namun apabila Anda meakukannya secara rutin beberapa kali dalam sebulan maka keuangan Anda akan terkuras. Bayangkan bila uang tersebut tetap tidak digunakan, sudah berapa yang bisa Anda tabung.

3. Membiasakan Berdagang

Di antara pintu-pintu rejeki yang paling banyak disebut adalah berdagang. Kebiasaan berdagang ini merupakan jalan pintas untuk menjadi kaya karena di dalam berdagang modal berputar sangat cepat. Ini tentu saja berbeda dari sektor lain seperti pertanian atau peternakan yang setidaknya butuh waktu tiga sampai enam bulan untuk bisa untung.

Keuntungan lain dari berdagang adalah menambah relasi dan modal yang dipakai akan jauh lebih bernilai daripada modal yang didiamkan dalam bentuk investasi. Semakin banyak barang dagangan Anda semakin besar keuntungan yang bisa Anda raih dan otomatis kekayaan Anda juga akan semakin berlipat ganda.

Kemampuan berdagang dimulai dari kemampuan menemukan pembeli yang tepat untuk produk yang tepat. Memosisikan diri sebagai penyedia bagi konsumen dan agen merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh setiap pedagang. Demikianlah cara memulai perdagangan dari nol rupiah. Seiring bertambahnya modal yang Anda miliki maka perdagangan Anda pun akan semakin besar. Juga, semakin besar modal yang Anda miliki maka posisi Anda akan semakin diperhitungkan oleh para pedagang yang lain. Dengan kata lain, pedagang besar selalu mencari pedagang yang lebih besar untuk dijadikan mitra bisnis.

4. Membiasakan Bersedekah

Mungkin Anda agak kesulitan mencari alasan rasional mengapa bersedekah bisa menambah pundi-pundi kekayaan. Namun percayalah, logika saja tidak cukup mendukung anggapan ini tidak peduli betapapun banyak orang yang sukses lantaran bersedekah. Jika Anda membaca biografi orang-orang seperti Zuckenberg, Bill Gates atau Steve Jobs Anda akan tahu bahwa mereka bukanlah orang-orang yang pelit. Mereka sangat mudah menyalurkan keuangan yang mereka miliki untuk kegiatan amal dan kemanusiaan.

Apakah Anda pernah mendengar berita mereka menjadi bangkrut gara-gara bersedekah? Tentu saja tidak. Justru mereka semakin kaya seolah uang mendatangi mereka dari segala penjuru. Bersedekah memberi energi positif bagi kehidupan kita dan membuat orang-orang semakin percaya kepada pribadi kita sebagai orang yang memang pantas diberi amanah untuk mengelola kekayaan dalam jumlah besar. justru sebaliknya, orang-orang kikir umumnya kesulitan menjadi kaya alias kemampuan finansial mereka terbatas pada itu-itu saja.

Demikian tadi beberapa kebiasaan yang bisa Anda praktekkan untuk meningkatkan taraf hidup Anda. Kekayaan sejati adalah ketika kita mampu bertahan dalam situasi sulit dan menyimpan sumberdaya yang kita miliki untuk sesuatu yang lebih besar di kemudian hari.

Close
Close