Blog

Beberapa Ide Membangun Usaha Rumahan

Mencari nafkah untuk keluarga merupakan usaha yang tidak pernah ada selesainya dan memang seakan-akan tidak pernah cukup. Sekalipun kita membikin sebuah tabel atau daftar belanjaan dalam waktu sebulan, seringkali kebutuhan-kebutuhan tak terduga bermunculan dan ini tentu menuntut kita untuk memutar otak. Penghasilan tambahan adalah sebuah kebutuhan sekaligus sesuatu yang banyak diidamkan oleh rumah tangga.

Berbisnis atau memulai sebuah home industry sangat disarankan oleh pemerintah belakangan ini. persoalan modal pun diatasi dengan berbagai skema pinjaman yang tersedia baik dari pemerintah maupun swasta. Coba bandingkan para kreditur terbaik dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian masyarakat akan semakin produktif dan penghasilanpun bertambah. Namun tidak semua lho pebisnis itu sukses. Banyak yang menyerah hanya karena kegagalan atau kesulitan kecil dalam usahanya. Rata-rata pengusaha sukses itu mampu melewati banyak kegagalan. Kembali lagi ke topik, beberapa ide berikut ini mungkin akan berguna untuk menambah penghasilan rumah tangga Anda.

1. Memanfaatkan Halaman Depan Rumah

Ya, ini merupakan ide yang sangat masuk akal. Halaman depan rumah bisa dijadikan etalase bagi apapun yang kita produksi atau jasa yang kita tawarkan. Bagi Anda yang memiliki rumah menghadap jalan raya sangat sayang apabila hanya ditanami bunga atau pekarangan. Memanfaatkannya sebagai lahan bisnis bisa mendatangkan keuntungan finansial yang lumayan.

Lalu bisnis apa yang bisa kita buka? Ada banyak ide. Mungkin Anda bisa mulai dengan menjual kue atau makanan yang Anda bikin sendiri. Bisa juga Anda membuka jasa pangkas rambut, membuka warung makan atau apapun. Di halaman rumah sendiri Anda tidak perlu khawatir akan digusur atau biaya sewa dinaikkan. Dua problem ini sering menjadi momok bagi mereka yang berusaha dilahan milik orang lain. Ketika tahu usaha kita sukses, kita akan diusir secara kasar maupun halus. Nah, di halaman rumah Anda sendiri Anda bisa membangun apapun tanpa takut investasi Anda hancur.

Keuntungan lain membuka usaha di lahan sendiri adalah Anda tidak perlu panik ketika usaha berjalan lesu alias tidak begitu ramai. Juga, apabila Anda sudah survive di tempat Anda sendiri Anda akan lebih mudah membuka cabang di tempat lain. Masih belum punya ide? Sewakan saja. Ambil sebuah papan lalu tulis “Disewakan” dan orang-orang akan mendatangi Anda untuk menyewanya. Mudah sekali bukan?

2. Menerima Jasa Loundry

Semakin lama orang-orang semakin sibuk mengerjakan aktivitasnya masing-masing. Ada banyak pekerjaan yang sebelumnya praktis dikerjakan oleh ibu rumah tangga sekarang dilimpahkan ke pihak lain seperti soal memasak dan mencuci baju. Ya, Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan membuka sebuah usaha jasa Loundry atau binatu. Begitu besarnya kebutuhan orang untuk mencucikan baju dibuktikan oleh usaha loundry yang buka berjajar-jajar tapi masih tetap bertahan dan sukses.

Bisnis loundry sebenarnya tidak membutuhkan modal awal yang begitu besar. Asalkan ada kemauan, Anda bisa memulai dengan memakai mesin cuci keluarga. Seiring waktu berjalan pelanggan Anda akan bertambah dan Anda bisa membeli mesin cuci baru yang kapasitasnya lebih besar. Biasanya para pemilik usaha loundry yang mampu bertahan dalam waktu satu tahun telah memiliki banyak pelanggan tetap. Ini tentu saja menguntungkan. Pelanggan tetap inilah yang menjadi sumber penghasilan terpercaya usaha loundry Anda. Tugas Anda selanjutnya yakni menjaga mutu baik dari segi kewangian, kerapian dan ketepatan waktu.

3. Menyediakan Jasa Catering

Jasa catering juga menjadi salah satu usaha rumahan yang layak diperhitungkan. Saat ini orang-orang menjadi lebih sibuk sehingga masak pun tidak sempat. Belum lagi jika mereka harus mengadakan acara seperti selamatan, arisan atau hajatan lain. Itulah mengapa jasa catering menjamur dan sangat banyak yang survive dan sukses. Buka usaha catering ini risikonya lebih kecil dibandingkan dengan usaha warung makan karena memasak dilakukan berdasarkan pesananan.

Budaya di Indonesia pun sangat mendukung usaha catering karena ada banyak hari raya keagamaan yang dirayakan serta acara pernikahan atau hajatan lain. Jika Anda ingin membuka usaha catering usahakan Anda memperbanyak menu yang ditawarkan. Semakin banyak menu yang ditawarkan maka semakin orang percaya kepada usaha Anda. Cobalah berangkat dari menu-menu tradisional kemudian menu oriental dan western. Jadi, usaha catering ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi dan bakat alami memasak.

4. Usaha Bimbingan Belajar

Ini termasuk usaha yang sangat minim modal bahkan boleh dibilang bisa dilakukan tanpa modal. Namun jika Anda ingin terkesan profesional maka Anda harus memperhatikan kelengkapan fasilitas dan sarana yang Anda miliki. Jika belum ada dana, Anda bisa memulainya dengan les privat dengan berkeliling mencari murid.

Pastikan Anda memiliki bagian rumah yang khusus diseting menyerupai sebuah kelas. Di sinilah Anda akan menerima para murid untuk belajar seperti di sekolah atau Anda memiliki desain tersendiri yang penting semuanya merasa nyaman. Selain tempat belajar Anda juga butuh melengkapi ruang les dengan whiteboard, peralatan tulis, dan juga buku-buku pendukung.

Jika usaha Anda sudah berjalan dan murid bimbingan semakin banyak tentu Anda akan membutuhkan sumberdaya guru baru untuk membantu usaha Anda. Nah, untuk itu Anda harus mempersiapkan diri mencari guru-guru baru yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Promosi dan iklan juga sangat penting untuk mendapatkan para murid baru. Bagaimana? Apakah Anda tertarik?

5. Usaha Cleaning Service Keliling

Kelihatannya sepele tapi percayalah usaha ini sangat menjanjikan. Di zaman modern ini orang tidak mau ribet dan repot untuk urusan bersih-bersih apalagi kegiatan dan kesibukan mereka semakin tinggi. Percayalah, banyak orang yang membutuhkan jasa cleaning service lebih dari yang kita duga. Yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan alat-alatnya, mempersiapkan tenaganya dan gencar melakukan promosi.

Untuk berkeliling Anda membutuhkan kendaraan bermotor, lebih baik tentu saja sebuah mobil. Anda perlu mengangkut peralatan khusus seperti sapu, alat pel, cairan pembersih, dan lain-lain. Dengan peralatan ini Anda akan bekerja merapikan sebuah rumah atau kantor dan setidaknya Anda butuh satu orang asisten untuk membantu Anda. Jika usaha Anda berjalan lancar maka semakin banyak orang yang perlu Anda rekrut. Nah, usaha seperti ini selain menguntungkan juga membuka lapangan kerja baru bagi banyak orang. Lagi pula modalnya tidak terlalu besar.

Itu tadi antara lain beberapa ide mengenai usaha rumahan yang bisa Anda pertimbangkan. Apapun ide yang Anda miliki cobalah mengembangkannya secara kreatif dan cerdas. Hal penting lainnya adalah jangan mudah menyerah dan tetap optimis meskipun ada banyak kendala yang bakal Anda hadapi. Berusaha atau berbisnis memang tidak mudah tetapi jika Anda sanggup bertahan maka kesuksesan bakal menunggu Anda di depan sana.

Membuka usaha rumahan tentu saja akan sangat membantu meningkatkan keuangan rumah tangga terutama di masa-masa sulit. Tidak jarang usaha rumahan ini hasilnya mengalahkan usaha pokok yang Anda jalani. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberi inspirasi dan manfaat bagi Anda semua.

Close
Close